Review Mandiri Marketing Essentials

 PENTINGNYA STRATEGI PRODUK

Lia Amelia (21031015), Institut Manajemen Wiyata Indonesia


Memahami sasaran pasar menjadi salah satu modal yang baik untuk meluncurkan produk tertentu. Produk bisnis sebaiknya bisa memberikan kepuasan dan menjawab kebutuhan pelanggan. Untuk bisa memberikan kepuasan pelanggan perusahaan perlu untuk mengembangkan strategi produk. Strategi produk ini berguna untuk membuat bisnis perusahaan bisa bersaing dengan kompetitor dan produk perusahaan laku di pasaran.

Strategi produk adalah salah satu bagian penting proses bisnis yang patut dikembangkan secara kritis dan terperinci. Karena hal ini akan membantu perusahaan menentukan kesuksesan penjualan produk di pasar. Secara mendasar, pengertian strategi produk adalah suatu perencanaan teknis dalam mengidentifikasi tiap-tiap tujuan dan maksud produk yang akan dijual berdasarkan visi perusahaan. Bisa dibilang, product strategy membantu perusahaan menghubungkan antara visi proyek dengan metode-metode yang dipakai untuk mengimplementasikannya. Strategi produk memetakan tolok ukur utama untuk melakukan kreasi, pemasaran, dan distribusi konsep apa pun yang Anda rencanakan untuk dijual. Strategi produk adalah bagian penting dari pemasaran, desain, atau peran terkait produksi.

Strategi produk menjabarkan kebutuhan pasar yang ingin dilayani dengan berbagai tawaran produk. Tipologi strategi produk meliputi strategi positioning produk, repositioning produk, overlap produk, lingkup produk, desain produk, eliminasi produk, produk baru, diversifikasi, dan value marketing strategy.

Strategi produk yang baik akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang cerdas mulai dari penetapan harga, fitur dari produk/layanan, kampanye pemasaran, dan sebagainya. Hal ini juga menyelaraskan visi bersama dalam perusahaan dan memebuat semua orang tetap fokus pada pekerjaan yang paling penting.

Komentar